Facebook Offsite Event
Perkembangan Dunia Trading – Konvensional Hingga Modern Trading Online

Perkembangan Dunia Trading – Konvensional Hingga Modern Trading Online

Jauh sebelum saat ini, sebelum perkembangan dunia trading memasuki level yang serba canggih. Trading online sudah melalui beberapa tahapan yang sudah banyak dilewati. Mungkin bagi aki aki kita terdahulu trading tidaklah semudah yang kita lakukan saat ini, penuh lika liku dan cerita-cerita suram.

Orang orang pada saat itu lebih mengenalnya dengan sistem trading konvensional, dimana untuk bisa mendapatkan akses ke market mereka harus melewati beberapa tahapan yang cukup melelahkan.

Konvensional Trading

Sedikit flashback. Untuk pertama kalinya pada tahun 1969 dunia trading memasuki era digital, melalui sistem yang dikenal dengan Electronic Communications Networks atau ECNs.

Namun tahukah Anda bahwa proses trading pada saat itu belumlah se-simple saat ini (full online). Masih terkesan merepotkan dan sangatlah menyusahkan. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa cara trading konvensional sesuai dengan perkembangan zamannya :

Market Floor

Market floor atau floor trading adalah sistem trading yang digunakan pada awal dikenalkannya dunia futures dalam konsep digital. Meski sudah menggunakan layar lebar, konsep ini masih dianggap sebagai cara tradisional dalam mengakses market, mengambil tempat di bursa saham ataupun bursa berjangka dalam melakukan transaksi jual beli instrument keuangan. Proses tradingnya dilakukan dengan metode terbuka dan menggunakan bahasa tertentu, seperti isyarat tangan (sell or buy).

Dealing Room

Berlanjut dengan habisnya  era market floor, perkembangan dunia trading selanjutnya beralih ke sistem dealing room. Yaitu tempat dikumpulkannya para pelaku pasar namun dengan cara yang lebih ter-organize karena sudah menggunakan sistem transaksi yang terkomputerisasi, meski harus dihadiri secara fisik oleh yang bersangkutan. Proses transaksi dijalankan dengan kondisi dimana para trader datang ke dealing room dan memasukan ordernya dari komputer yang disediakan.

Dealing Quote (DQ)

Berjalan dari tahun 1980-an ke 1990-an, perkembangan dunia trading mulai memasuki tahapan yang lebih flexible, yaitu tidak mengharuskan para trader menghadiri market secara fisik. Proses transaksi yang dilakukan pada saat itu boleh menggunakan sambungan telephone ke dealing room. Yang artinya dalam proses transaksi trading, para trader pada saat itu harus menelpon brokernya terlebih dahulu, dimana Si broker juga akan  menghubungi floor trader untuk memasang order yang diinginkan.

Kekurangannya Trading Konvensional

Meskipun demikian, Ke-empat fase perkembangan trading konvensional tersebut dianggap belumlah mampu memberikan apa yang dinginkan pemain pasar untuk menanggapi perkembangan market dengan lebih responsive. Karena masih banyak kekurangan lainnya.

Sebut saja seperti belum adanya fasilitas trading semisal MC dimana auto cut segera dilakukan apabila equity para trader berada dalam posisi minim. Seandainyapun equity kita minus, maka itu artinya kita akan berhutang dengan Si broker. Pelayan chart yang hanya bisa didapatkan oleh trader trader yang hanya memiliki margin yang besar, dengan kata lain trading tanpa melihat chart adalah hal biasa pada zaman itu.

Belum cukup sampai disitu, para trader terdahulu juga harus merasakan susahnya berbagi informasi dan edukasi yang membuat mereka harus mengikuti pelatihan pelatihan trading yang berbayar.

Modern Trading Online

Sejalan dengan meningkatnya penggunaan teknologi (ketersediaan jaringan internet dan penggunaan komputer pribadi) pada akhir tahun 90 -an, trading melalui penggunaan telephone ataupun mendatangi kantor broker dinilai kuno dan tidak efektif lagi. Yang membuat banyak provider akhirnya beralih kedalam bentuk full  transaksi Elektronik atau modern trading online.

Sistem trading yang serba online, sebut saja dengan platform semisal Metatrader, Bahkan segala perintah eksekusi kini dapat dilakukan tidak hanya via personal komputer, tapi juga bisa dilakukan melalui mobile device, seperti smartphone dan pocket PC sekalipun.

Sistem trading online yang dinikmati oleh para trader saat ini,diantaranya:

Features :

  • Online Register.
  • Online agreement form.
  • Online transaksi (depo, wd).
  • Micro, mini dan regular account.
  • Email Information (depo, wd, report jurnal trading, announce dll).
  • News update.
  • Seminar/Program pembelajaran trading.
  • Article mingguan/bulanan dari broker untuk para investornya.
  • Layanan live chat support.
  • Community di social media.
  • Program IB/affiliate.
  • Program rebate, cash back dan bonus deposit.
  • Event (Offline/Online).
  • Fitur platform trading (MT4, MT5, Web platform, mobile platform dan social trade).
  • Bank local transfer hingga wire transfer.
  • Payment procecor transfer (paypal, wiredpay, LR, dll).
  • Program pengelolaan account trading (PAMM).

 

Sangat jauh berbeda bukan? Dengan perkembangan zaman yang selalu sejalan dengan perkembangan teknologi, rasanya apa yang sudah disebutkan di atas adalah hal yang wajar untuk dinikmati oleh para trader saat ini.

Meski dengan segala kemudahan itu, realitanya masih banyak trader yang mengeluhkan sulitnya untuk bisa memahami bisnis ini. Nah, menanggapi permasalahan tersebut, perkembangan dunia trading saat ini menawarkan sesuatu yang jauh lebih sederhana, mudah dipahami dan lebih bermasyarakat.

Seperti apa ? Jawabannya akan kita bahas pada artikel selanjutnya Era baru Trading online 🙂